Jika Aku Menjadi (JAM)

Posted: April 19, 2008 in Review
Tags:

Jika Aku MenjadiHari Minggu, 25 Desember 2007 lalu, di salah satu stasiun tv swasta Indonesia (Trans TV) menayangkan reality show yang bener-bener sebagai oase di tengah kegersangan kepedulian terhadap sesama. Di mana stasiun tv laen justru hanya menampilkan sinetron yang gak mutu. Basii… Cuman bisa nampilin para artis / aktor pendatang baru yang notabene cuman bisa jual tampang. Dipermak dikit, jadilah tante-tante. (Walaahh.. jadi sewot sendiri). Ku cuman mo ceritain soal kesan yang ku dapat sewaktu nonton JAM.

Acara ini dimulai dari pukul 18.00 WIB (klo di Tarakan, jam 19.00 WITE) dengan durasi selama 30 menit. Menayangkan kehidupan kaum papa, yang terpinggirkan oleh sikap egoisme dan hedonisme yang menjamur dewasa ini. Berikut adalah kutipan artikel dari si pembuat Jika Aku Menjadi.

Jika Aku Menjadi

Trans TV mulai hari Minggu, 25 November 2007, pukul 18.00 WIB, akan menayangkan program JIKA AKU MENJADI (JAM). Program magazine mingguan, berdurasi 30 menit, ini dengan demikian akan bertarung di prime time, berhadapan dengan berbagai sinetron yang sangat populer di stasiun-stasiun televisi lain. Keputusan bagian Programming, memasang JAM di slot pukul 18.00, dengan demikian adalah keputusan yang berani.

Saya selaku producer berharap, program JAM ini akan betul-betul memenuhi harapan KPI bagi munculnya program TV yang berkualitas, punya unsur edukasi, bukan semata-mata mengejar rating. Saya pribadi beranggapan, program JAM ini InsyaAllah akan ikut berperan dalam meningkatkan solidaritas sosial terhadap rakyat kecil.Yang dimaksud “rakyat kecil” di sini adalah mereka yang berprofesi “gurem,” yang sering dipandang remeh dan tidak mendapat perhatian penuh dari pihak-pihak yang berwenang. Nara sumber JAM antara lain: buruh nelayan miskin (tidak punya perahu sendiri), nenek yang puluhan tahun jadi pemulung, pemain ludruk (kesenian khas Jawa Timur) yang tak pernah lagi dapat order, dan sebagainya.Program JAM pada hakekatnya adalah upaya melihat kehidupan rakyat kecil (dengan profesi gurem) dari mata rakyat juga. Meskipun, rakyat (diperankan oleh talent) yang melihat ini adalah mereka yang biasa hidup di kota, dan biasanya mungkin tidak terlalu aware dengan kehidupan rakyat kecil yang sebenarnya.

Sengaja kami pilih sebagai talent di sini adalah orang biasa (bukan artis). Mereka direkrut dari iklan pencarian talent yang belum lama saya sebar melalui berbagai milis. Mereka saya haruskan ikut menjalani kehidupan narasumbernya, yakni tidur di rumah mereka, makan bersama keluarga (sesederhana apapun makanannya), dan seterusnya. Jadi, mereka dipaksa untuk betul-betul menghayati kehidupan orang susah.

Kehidupan susah itu banyak terwujud dalam hal-hal yang sederhana, tapi tak terbayangkan bagi orang kota. Misalnya, rumah narasumber yang tidak ada WC atau jambannya, sehingga kita harus buang air besar di sawah atau kali kecil di pinggir jalan. Saya sendiri, ketika selaku producer ikut mengawasi proses syuting di Desa Gamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur (12-15 November 2007), juga sempat buang air besar di kali.

Kalau talent itu tampak terharu atau menangis di tayangan JAM, itu adalah tangisan asli dan alami karena situasi yang mereka hadapi. Jadi, bukan acting. Itulah sebabnya, saya tidak memilih talent yang sudah top atau artis sinetron, misalnya, karena bisa-bisa nanti penonton salah mengira, bahwa tangisan itu dianggap cuma acting.

Yang berat dalam menggarap program JAM bukanlah liputan atau syutingnya, tetapi justru risetnya. Saya tak bisa memperoleh narasumber yang tepat dengan hanya berbekal informasi dari Internet atau media massa, tetapi harus melihat langsung ke lapangan. Sebagai contoh: saya membutuhkan waktu tiga hari untuk menemukan seorang buruh nelayan, yang saya anggap paling miskin di Indramayu, Jawa Barat. Nelayan yang miskin di Indramayu itu banyak. Tetapi bagaimana menemukan nelayan, yang secara visual dan kondisi faktual betul-betul menggambarkan nelayan yang sangat miskin? Di sinilah letak kesulitannya.

Maka, pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya pada seluruh crew JIKA AKU MENJADI, yang telah bekerja keras dan serius, bagi perintisan awal program ini. Tanpa dukungan mereka, saya tak akan bisa berbuat banyak.

Saya merasa berbesar hati, bahwa pimpinan Trans TV percaya dengan kualitas program ini, sehingga memberi slot prime time. Namun, di sisi lain, saya juga merasa was-was tidak sanggup mempertahankan kualitas isi program, seperti diharapkan banyak orang. Saya cuma bisa bilang “bismillah” saja, semoga semua berjalan lancar.

Nah, untuk tidak berpanjang kata, silahkan saja menikmati tayangannya! Jangan lupa, Minggu, 25 November, pukul 18.00. Terimakasih atas perhatian dan apresiasi Anda semua!

Jakarta, 20 November 2007

source : click here

Setiap habis menonton tayangan ini, pasti aku menjadi lebih menghargai sesama (ca’ ela…). Gak banggain sih, cuman acara yang dibuat oleh Pak Satrio Aris Munandar telah berhasil menyentuh sisi sosial dari seorang manusia. Gak percaya??? Nonton aja. Truzzz, pasti ikutan nangis juga bareng talent-nya. Ada yang sampai nangis sesenggukan, hiks… hikss… hikss… ampe keluar ingus-na, duuhhh… gak tahan juga ngeliat penderitaan mereka (“rakyat kecil”), ku gak bisa bayangin jika aku berada di posisi mereka, hufff… Kamu???

NB : Hargai dan saling tolong menolonglah sesama manusia. Back to basic as human being.

Butuh Talent di Jika Aku Menjadi (JAM)
Program JIKA AKU MENJADI (JAM) kini secara rutin sudah tayang di Trans TV, setiap hari Minggu, pukul 18.00 WIB. Untuk program itu, JAM membutuhkan tenaga Talent. Bagi yang berminat, silahkan mendaftar dengan mengirim e-mail berisi CV dan dua foto (1 foto close up + 1 foto seluruh badan). Jangan lupa menyertakan nomor telepon/HP yang bisa dihubungi.
Kirimkan e-mail ke: jikaakumenjadi@transtv.co.id. Atau boleh juga mengirim via pos ke Produser JIKA AKU MENJADI, dengan alamat: Divisi News Trans TV, Lantai 3. Jl. Kapten Tendean Kav. 12-14A. Jakarta Selatan.
Karena program JAM tayang seminggu sekali, maka tiap bulan JAM membutuhkan 4-5 tenaga Talent (tiap episode, Talent-nya selalu berganti). Adapun syarat bagi Talent tersebut adalah:
1. Perempuan (sekarang laki-laki juga boleh kok)
2. Usia 23 – 28 tahun.
3. Berpenampilan menarik (Maklum ini kan untuk media TV).
4. Jika Anda masih mahasiswa atau sudah bekerja di tempat lain, tidak masalah (asal bukan bekerja reguler di program TV lain).
5. Bisa meluangkan waktu untuk syuting di luar kota sekitar 4 hari (apakah Anda mau membolos dari kuliah atau izin dari tempat kerja, itu terserah Anda).
6. Lebih disukai pelamar yang peka, berperasaan halus, dan memiliki empati pada kehidupan “orang kecil” dan orang “kalangan bawah” (baca: orang susah, orang menderita, miskin, dsb…)
7. Bukan tipe pendiam (Anda dituntut untuk bisa berinteraksi dengan narasumber dan keluarganya).
8. Talent yang diterima hanya akan muncul pada satu episode di program TV ini (memang disain programnya begitu. Di setiap episode, talent dan narasumbernya berganti-ganti agar bervariasi).

Untuk mengetahui, kemampuan apa yang akan dibutuhkan dari Talent di layar, silahkan saksikan program JAM tiap hari Minggu di Trans TV.
Catatan: Pencarian Talent ini TIDAK ada hubungannya dengan program lain manapun yang saat ini sudah tayang di Trans TV. Jadi, jika Anda sudah pernah mengirim aplikasi untuk program lain di Trans TV, tetap terbuka peluang untuk mengirim aplikasi ke saya, sejauh Anda belum dipakai/ belum diterima di program lain tersebut.
Pencarian Talent ini semata-mata hanya untuk program yang saya pimpin.Talent yang dianggap cukup memenuhi syarat, akan dikontak lewat telepon untuk wawancara/proses selanjutnya. Jika tidak dikontak, berarti dianggap tidak memenuhi kualifikasi.

Tawaran ini praktis masih berlangsung, selama program JAM masih tayang di Trans TV dengan format seperti tersebut di atas. Jika program JAM sudah tidak tayang, otomatis tawaran ini TIDAK berlaku lagi. ***

Tambahan info nih…. (update 21 November 2008):

Pas lagi ngecheck blog ini, eh ada komen yang masuk, en dari beberapa komen yang masuk, ternyata ada cameraman-nya JAM. Doski ngasih komen kaya gini nih :

“wah ga nyangka banyak banget yang kasih comment buat JAM, hampir semuanya positif, ,akasih banget ya… saya salah satu cameraman JAM, kalo ada yg mau ikut jadi talent JAM cuma harus kirim CV aja, atau bisa kirim alamat FS, Facebook atau semacamnya, supaya crew JAM bisa melihat foto dari calon talent. kirim email nya ke alamat jiaakumenjadi@transtv.co.id atau ke email saya di alie_trans@yahoo.com . sebetulnya ga harus minimal usia 23, yang penting minimal mahasiswa/i atau pegawai yang bisa ijin setiap saat kalo terpilih jadi talen JAM, n dibutuhkan yang camera face. Thanx 4 d comments, n jangan lupa JAM udah pindah jam tayang ke jam 17.30 setiap Sabtu-Minggu. Tonton terus JAM ya…”

Nah, buat kalian yang penasaran bgt mo ikutan di acara ini, dah dikasih infonya tuh…

Buruan… Sebar kebaikan buat sesama…

Comments
  1. dinny says:

    salut sama acara ini…
    bikin aq merasa bisa lebih bersyukur pada Allah Swt..

  2. mardhalena says:

    Alhamdulillah….
    saya juga merasa bersyukur bisa jadi seperti sekarang ini tanpa harus merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

  3. syadianti says:

    gw seneng bgt ma acra ni…keren bgt….ni acara bisa buat gw lbh sadar klo bnyak org2 yang lbh susah dr gw.n menyadarkan gw klo tiap org punya cobaan ndiri2 dri ALLAH SWT.
    menyadarkan gw klo nyari duit tu g’ gampang n butuh bgt pengorbanan…..
    sedangkan gw msi sering bli2 barang g’ penting n minta duit seenakknya k ortu…..
    pengen bgt ikut acara ni….
    minta alamat emailnya Jika Aku menjadi y…..
    mkC………

  4. dipta says:

    duhhh..
    setiap nonton JAM pasti gw jd mellow..
    hiks..
    mw ikutan blh ga ya???
    pngen jadi slah satu yg ngrasain lgsg!!!
    hehehe

  5. mardhalena says:

    Butuh Talent di Jika Aku Menjadi (JAM)
    Program JIKA AKU MENJADI (JAM) kini secara rutin sudah tayang di Trans TV, setiap hari Minggu, pukul 18.00 WIB. Untuk program itu, JAM membutuhkan tenaga Talent. Bagi yang berminat, silahkan mendaftar dengan mengirim e-mail berisi CV dan dua foto (1 foto close up + 1 foto seluruh badan). Jangan lupa menyertakan nomor telepon/HP yang bisa dihubungi.
    Kirimkan e-mail ke: jikaakumenjadi@transtv.co.id. Atau boleh juga mengirim via pos ke Produser JIKA AKU MENJADI, dengan alamat: Divisi News Trans TV, Lantai 3. Jl. Kapten Tendean Kav. 12-14A. Jakarta Selatan.
    Karena program JAM tayang seminggu sekali, maka tiap bulan JAM membutuhkan 4-5 tenaga Talent (tiap episode, Talent-nya selalu berganti). Adapun syarat bagi Talent tersebut adalah:
    1. Perempuan (sekarang laki-laki juga boleh kok)
    2. Usia 23 – 28 tahun.
    3. Berpenampilan menarik (Maklum ini kan untuk media TV).
    4. Jika Anda masih mahasiswa atau sudah bekerja di tempat lain, tidak masalah (asal bukan bekerja reguler di program TV lain).
    5. Bisa meluangkan waktu untuk syuting di luar kota sekitar 4 hari (apakah Anda mau membolos dari kuliah atau izin dari tempat kerja, itu terserah Anda).
    6. Lebih disukai pelamar yang peka, berperasaan halus, dan memiliki empati pada kehidupan “orang kecil” dan orang “kalangan bawah” (baca: orang susah, orang menderita, miskin, dsb…)
    7. Bukan tipe pendiam (Anda dituntut untuk bisa berinteraksi dengan narasumber dan keluarganya).
    8. Talent yang diterima hanya akan muncul pada satu episode di program TV ini (memang disain programnya begitu. Di setiap episode, talent dan narasumbernya berganti-ganti agar bervariasi).

    Untuk mengetahui, kemampuan apa yang akan dibutuhkan dari Talent di layar, silahkan saksikan program JAM tiap hari Minggu di Trans TV.
    Catatan: Pencarian Talent ini TIDAK ada hubungannya dengan program lain manapun yang saat ini sudah tayang di Trans TV. Jadi, jika Anda sudah pernah mengirim aplikasi untuk program lain di Trans TV, tetap terbuka peluang untuk mengirim aplikasi ke saya, sejauh Anda belum dipakai/ belum diterima di program lain tersebut.
    Pencarian Talent ini semata-mata hanya untuk program yang saya pimpin.Talent yang dianggap cukup memenuhi syarat, akan dikontak lewat telepon untuk wawancara/proses selanjutnya. Jika tidak dikontak, berarti dianggap tidak memenuhi kualifikasi.

    Tawaran ini praktis masih berlangsung, selama program JAM masih tayang di Trans TV dengan format seperti tersebut di atas. Jika program JAM sudah tidak tayang, otomatis tawaran ini TIDAK berlaku lagi. ***

  6. shilvia says:

    aq seneng n terharu dg acara ini (sll mbuat aq menangis) krn acara ini bisa mjd contoh n pelajaran bagi qta yg suka hura2 apalagi bagi qta yg msh blm bisa mengucap syukur dengan keadaan saat ini, krn tnyt msh byk saudara2 qta yg lbh menderita bahkan membutuhkan bantuan qta.
    aq yakin Tuhan Yesus sll beserta n memberkati semua panitia n para sponsor jam dlm bertugas. Upah kalian akan besar di surga. amien

  7. wiratmoko says:

    halo….

  8. will_kudo says:

    haduuuh…pengen bgd ikutan acara ini tapi umur aQuw baru 17 taun..gimana donk?
    cZ acara ini tu bagus bgd…bikin kita peduli ma org laen di luaran sana…sukses ya bwd acara ini…tunggu aQuw sampai usianya cukup ya…
    makacih…

  9. robby says:

    dear JAM

    sy snang skali dgn acra JAM.
    saya ingin tahu bagaimana cara untuk bisa mengikuti acara tsb?
    dan apakah untuk cowok bisa mengikutinya?
    please give me information so on.
    contact me,95345254
    email,robby_gbu@yahoo.co.id

  10. Ledy.Berhitu says:

    aku seneng bgt ntn acara ne..,bs bkn aq nangis ampe berjam2 he..krn acara ni bs mnjd contoh bg qta2,bahwa hidup ini sangat berarti..dan qta hrs mensyukuri apa yg sudah qta dptkan..!moga sukses y…

  11. doniaditia says:

    tayangan JAM ini bagus banget bwat ngingetin kita tentang realitas kehidupan ini…bahwa sesungguhnya masih ada orang yang lebih membutuhkan,lebih miskin, lebih kesusahan daripada kita..

    belum tentu mereka bisa makan pecel ayam tiap minggu, belum tentu mereka makan martabak kaya kita…atau hal-hal enak lainnya..sedangkan untuk menutupi kebutuhan mereka sehari-hari aja sulit…

    kita harus banyak bersyukur dengan apa yang sudah kita punya…

    salut buat tim kreatifnya..

  12. Tina says:

    Sy suka banget nonton JAM, rasanya sy pingin skali ada dlm acara tersebut, makanya sy buka websitenya lihat persyaratan utk ikutan tp yach sy sudah tidak memenuhi kriteria krna umur sy skrg udh 29 thn, jd agak sedih juga sih nggak bisa ikut, tp nggak apa2 koq sy doain smoga JAM makin sukses slalu dan menjadi the best dan slalu menjadi ukuran masih bayak org susah di negri qt ini butuh bantuan dan perhatian

  13. baciet says:

    Hi.. saya baciet, saya sangat suka dengan acara ini karena bisa mengingatkan qta bahwa masih ada orang yang membutuhkan bantuan..
    waktu penayangan perdana saya sangat terharu dan menangis karena seorang nenek tua renta yang masih semangat bekerja.. itu merupakan satu inspirasi dari sekian inspirasi yang ada karena yang tua saja masih semangat bekerja, apalagi saya yang masih muda berarti harus lebih semangat lagi,,
    moga2 acara ini tetap terus berlangsung agar bisa selalu mengingatkan bahwa roda kehidupan itu selalu berputar,, saat kita berada diatas jangan lupa untuk melihat kebawah, dan saat kita berada dibawah jangan lupa untuk berdoa dan tetap semangat bekerja
    thx,, luph u JAM

  14. lenny says:

    q suka bgt dengan acara ini, tiap minggu q pasti nyari waktu luang untuk nonton acara ini, dan q pasti nangis klo lagi nonton, acara ini membuat q mensyukuri akan apa yg sudah Tuhan kasih buat q,dan pasti q jadi bisa lebih peduli dengan keadaan yg ada d sekitar q, pengen bgt deh ikutan acara ini.

  15. yoan setiawan says:

    aku salut pada acara tersebut,membuat kita haru dan bersyukur karna kita dikasih lebih baik dari orang lain,
    acara tersebut membuat kita pedili pada sesama.

  16. hang says:

    JAM sangat mendidik dan bisa melatih kepedulian banyak orang terhadap kekurangan orang lain, yang sangat-sangat membutuhkan pertolongan.
    Yang ingin saya tanyakan dananya dari mana untuk menolong mereka? Kalau boleh saya menyumbang caranya bagaimana?
    Wass.

  17. Marisha says:

    Aku suka banget denagn acara JAM, karena membuat aku semakin tahu betapa banyak orang yang membutuhkan sesuatu dan memiliki banyak impian. Aku benar-benar terharu melihat acara JAM karena menuntut kita untuk lebih peduli terhadap orang disekitar yang membutuhkan kita…

  18. windy mardhaeny says:

    hi………..
    duh,baru kali ni aku lihat acara TV yang menayangkan program yang begitu membuat aku merasa empati dengan kehidupan di luar sana….menurutku program JAM ini adalah program yang sangat baik untuk mendidik kita…
    pokonya program jam tidak ada yang nandingi dech!!salut…salut….

  19. mawar says:

    ass,,,,,
    sumpah aq senang bgt sama acara ini, JAM benar2 membuat aq merasa sedih, terharu. ternyata kita hidup itu tidak boleh memandang keatas aja, masih ada kok saudara2 kita yang hidupnya memerlukan pertolongan. dan ini membuat aq berpikir suatu saat aq bisa menolong mereka,,,,
    untuk para sponsor acara ini, semoga dilimpahkan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT amin,,,,,,,,,,,,

  20. Dedhi says:

    aku senang banget ma acara trans tv yang bisa menggugah hati ku yang bisa membuat aku cepat ingat kepada sang pencipta.bahwa tak ada di dunia ini yang sempurna se Allah SWT.Salut juga buat Trans TV yang udah menayangkan sebuah acara yang bisa membuat penonton menitikan air mata karena realita bukan realitas sekedar acara.JIKA AKU MENJADI(JAM),jalan terus pantang mundur demi anak bangsa yang memiliki impian.HIDUP TRANS tv,I like u

  21. megee says:

    pengen ikuta acara ini bisa ga?
    caranya gmn ?
    jumat ini pengen k trans nh..
    pengen cari informasi buat daftar acara jika aku menjadi…
    bls cepet yaaa…

  22. megee says:

    yah umur ku baru 15..
    ga oleh ikut ya?
    adahal pengen bgt..
    bolehin kut dong..
    kan kita juga mau bersosialisasi erhadap orang” yg kurang mampu…
    kontek aku ya ke 085694020228
    nama ku mega

  23. joko prastowo says:

    anak saya cowok 9 tahun, dia demen sekali acara JAM ini, yang aku harapkan dengan tayangan ini adalah, dia lebih menghargai orang lain, menghargai duit, mengharga makanan yang dimakan. Belum ada hasilnya sih untuk anakku, tapi aku terus berdoa supaya dia bisa berubah, karena lihat tayangan JAM ini.

  24. mardhalena says:

    @Joko Prastowo, semoga anaknya bisa menjadi seperti apa yang Pak Joko inginkan. Amien.

    bwt informasi, bagi yang kepengen jadi talent di acara ini silahkan tonton dahulu acara JAM ini dan liat persyaratan terlampir, setelah itu ditujukan ke jikaakumenjadi@transtv.co.id. Atau bisa dilihat dari komentar2 saya di atas. Oke. Selamat berbagi dengan sesama..

  25. stella says:

    aku tu bru berumur 17 thn,,
    aku kcewa bgt wktu tw umurnya..
    pdahal aku pgen bget ikut..
    ada cra lain gak…?!
    alnya aku pgen jga ngerasain hidup mreka yang bda dri aku…
    please…
    aku pgen bget…

  26. sriyanah says:

    bgus skli acra ni, btw gmn cra dftarnya

  27. mila says:

    Banyak acara televisi yang menceritakan tentang kemewahan gaya hidup, romansa percintaan, bahkan nuansa mistik yang menyeramkan.. Namun setelah saya menyaksiakan acara JAM ini sunggguh di luar bayangan saya, ada acara yang menguak kehidupan masyarakat yang kurang mampu dengan talent ikut langsung merasakan kehidupannya….sehingga kita sebagai manusia bisa melihat ternyata masih ada teman atau saudara kita yang lebih sulit dari kita..subbhanallah…Semoga tayangan ini tetap selalu ada….. good luck JAM :)

  28. nancy says:

    seruuuuuuuuuuu…………………ikutan dunkzzzzzz!!!!!

  29. nancy says:

    terharu banget yaa, tapi itu acaranya beneran ga sih???
    atau cuma rekayasa belaka,,,soalnya kan sekarang banyak reality show yang bermunculan tapi semua itu direkayasa menggunakan skenario terlebih dahulu!!! tapi bravoo bwt transtv…sukses slallu…

  30. laras says:

    JAM…oke bangetz!!!
    banyak tuh di daetah sya, warga-warga yang kurang mampu gitu!!! ayo dong liput skalian talentnya sayaa!!!

  31. nancy says:

    kenapa talent untuk acara ini persyaratan umurnya harus 23 thn?? padahal banyak yang berminat untuk menjadi talent umurnya dibawah 23, yaa contohnya saya???

  32. rari dwilianri says:

    hai redaksi jika aku menjadi… salam kenal ya.. aku rari,aku pengen banget jadi talent acara ini,tapi persyaratan umurnya ga bisa aku penuhi coz aku masih 21 tahun.. tolong dong buat produser acara JAM ini,persyaratan untuk umurnya diganti aja.biar aku bisa ikutan juga.. JAM adalah acara favorit aku.. trus kalo ga salah kan JAM belum pernah ke daerah sulawesi tu..nah aku mau nawarin diri buat jadi talent JAM di daerah ini,karena kebetulan aku juga tinggal di sulawesi.. e-mail aku kalo bisa ya,supaya aku bisa langsung kirim cv n foto aku ke redaksi JAM.. plezzzzz…..bisa ya aku jadi talent… thanks before buat kolom opininya….

  33. yeti says:

    aku seneng bgt dgn acara trans tv ini,yg wat terharu khususnya aku.dan dapat mengingat kan pd masyrkat smua trutama kalangan atas,bahwa masih banyak saudara2 qt yg membutuhkan uluran tangan qt. jaya terus JAM ( jika aku menjadi )& Transtv. Bravoo..SEMANGAT….

  34. laura says:

    knp hrs berumur 23-28 thn,,??
    aq pengen bgt ikut acra ini..
    tp aq msh 19 thn…
    ='(

  35. An-nisa says:

    dwuuuu….
    pengen banget jadi talent-nya…
    by the way…
    kalo hadiah-hadiah yang dikasih ntu ada donatur yang memang nyumbang atau harus dari kita se ????

  36. An-nisa 15 thn says:

    hmmm…
    mama ,ayah, n terutama aku sering bangedh nangis liat acara niy…
    dwuu..bener-bener touching heart ya…
    eh,kok akhir-akhir ini hadiah-nya cuma belanja-belanja doang siy ???
    dulu khan hadiahnya berguna buat si empunya ….

  37. Intan Choirun Nisa' says:

    Saya siswa SMA Negeri 6 Surabaya kelas XI, umur saya 15 tahun, saya ingin menjadi talent di Jika Aku Menjadi (JAM). Adapun syarat bagi talent usia 23 – 28 tahun. Bolehkah saya tetap mendaftar? atau harus menunggu sampai usia saya 23 tahun?

  38. RaDiaN says:

    MaS MAu DonK Jadi ArTisnYa,,,,AcaRanYa AsiK Tu nYenTuH BanGeT,,,SaYa OranG DePoK MaRGonDa,,,Laki2 20Tahun emaiL oi_bjs_05@yahoo.com

    PLEASE,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  39. bangkit pulungan susanto says:

    aku mesthi nangis kalo liat acara ini. ternyata setiap bulir beras yang kita buang tiap pagi karena kemakan kemarin sebegitu berharganya bagi orang lain di sana. apalagi bagaimana sulitnya nyari lauk untuk pelengkapnya.
    sumpeg banget . . . however, kita harus lebih sering2 bsyukur dg apa yang udah kita punya hari ini. AKU PENGEN IKUTAN !!!!!!!!

  40. bangkit pulungan susanto says:

    aku mesthi nangis kalo liat acara ini. ternyata setiap bulir beras yang kita buang tiap pagi karena gak kemakan kemarin sebegitu berharganya bagi orang lain di sana. apalagi bagaimana sulitnya nyari lauk untuk pelengkapnya.
    sumpeg banget . . . however, kita harus lebih sering2 bsyukur dg apa yang udah kita punya hari ini. AKU PENGEN IKUTAN !!!!!!!!

  41. dEsi says:

    aku desi umurku 17 th… knp yg jd talenx JAM minim hrs umur 23?
    padahal aku pengen bgt …
    ak pengen ngrasain ap yg mrk rasain cz selama ini aku selalu nglihat org dari profesix
    mungkin aku g nunjukin klo ak benci ma orang, ak sll berusaha terlihat seneng ama semua org
    padahal aku sll ngeremehin mereka yg aku anggap lbh rendah dr aku
    ak pengen ngrubah sifat ak, tp aku g bs…
    n aku bfikir mungkin dg aku jadi spt mereka utk beberapa hari aku bs ngrasain susahnya hdp n nghargai mereka.
    cma ngliat aj mungkin bs ngbuat aku nangis tp sifat ak ttp g brubah.

  42. qiqi says:

    waduh,,
    umur aku baru 18th..
    jadi ga bisa dunk..
    hikzz….
    padahal pengen banget!!!
    tapi ga bisa ya syuting nya hanya 2 hari??
    soalna senin sampe jumat aku sibuk banget sama kuliah dan les aku..
    ga bisa ya sabtu dan minggu??
    waduh..
    pengen banget nih,,,,,,,,

  43. qiqi says:

    kalo boleh krim kument di email aku ya..
    qiqi_tarki@ymail.com

    please……………….

  44. ayang says:

    acara ini memang pantes buat kita tonton.Sebab diantara masyarakat pasti ada yang kaya dan ada yang miskin.mereka kasian karena demi satu butir beras di harus bersusah payah.aku jadi pingin nangis kalo lihat.AKU PENGEN IKUTAN DONG!!!!!!!!!!!!

  45. vina says:

    KEREN BGT!bgus bgus..jdi pgen ikutan…

  46. sandy says:

    saya senang dengan acara ini, mdh2an lebih meningkat lagi. sucses buat JAM…

  47. febbie says:

    pgn ikutann niiiihhh ..
    tapi br 18 thn ..
    hehehe..
    gapapa dehh yahh ..

  48. alie says:

    wah ga nyangka banyak banget yang kasih comment buat JAM, hampir semuanya positif, ,akasih banget ya… saya salah satu cameraman JAM, kalo ada yg mau ikut jadi talent JAM cuma harus kirim CV aja, atau bisa kirim alamat FS, Facebook atau semacamnya, supaya crew JAM bisa melihat foto dari calon talent. kirim email nya ke alamat jiaakumenjadi@transtv.co.id atau ke email saya di alie_trans@yahoo.com . sebetulnya ga harus minimal usia 23, yang penting minimal mahasiswa/i atau pegawai yang bisa ijin setiap saat kalo terpilih jadi talen JAM, n dibutuhkan yang camera face. Thanx 4 d comments, n jangan lupa JAM udah pindah jam tayang ke jam 17.30 setiap Sabtu-Minggu. Tonton terus JAM ya…

  49. JULIADI says:

    salam!! saya mau tanya, gimana syarat2 ikut acara “jika aku menjadi” n gimana caranya?
    mohon konfirmasi ke alamat email saya, juliadi41@yahoo.co.id

    terima kasih
    salam, juliadi

  50. wanti says:

    q salut bgt ma acara ni, acara yang benar2 beda ama yang laen

    Good Luck ja yao……

  51. Stella Permata Sari says:

    aduh… sayang banget yah min umurnya sekitar 23 th
    saya saja baru jalan 20th
    bisa gak klo umur min 20th? saya sudah mahasiswi ko
    saya suka sekali acaranya karena klo nonton acaranya bikin saya menangis
    saya berpikir klo saya ada diposisi orng tersebut

    klo saya diperbolehkan mendaftarkan ke jika aku menjadi tolong
    beritahu lewat email saya.
    plis
    thanks yah..

  52. belly says:

    gimana cara daftar lewat email nya….
    tolong konfirmasi ke alamat saya,,belly_hoLLic27@yahoo.com

  53. mastur idris says:

    Saya, istri dan anak-anak saya Suka sekali nonton acara Jika Aku Menjadi(JAM)sampai-sampai saya bilang ke istri dan anak saya bahwa saya juga mau ikutan, karena saya sangat terpanggil ingin mencoba untuk menjadi mereka. Tapi setelah saya baca persyaratannya ternyata umurnya dibatasi antara 23 – 28 th. Padahal walaupun umur saya sudah 42 th tapi kemampuan dan tenaga saya seperti umur 20an.

    Harapan saya semoga usia tidak menjadi pertimbangan, selama kita masih punya kesanggupan secara fisik maupun tenaga.

    Terima kasih

    Salam dari Puri Cipageran 2 Cimahi

  54. Dee says:

    acarany bagus…
    tp sayangnya saya brasa agak kecewa saat membaca persyaratannya…
    kenapa mesti berpenampilan menarik?
    karena masuk TV?
    sebenarnya acara ini buat nunjukin inrbty kt ato untuk memperlihatkan penampilan kt yg mnarik sih?
    yang penting kan niat kt dan hati kt…
    sy rasa org2 jg ga peduli mo tampang kt sejelk ap jg..
    yg pnting kt pny pribadi yg menarik…
    kl acara in cm buat yg brpenampilan yg menarik aj saya rasa acara ini gak cocok dijadiin acara reality show d..
    namany jg acara reality..
    brrt harus sesuai dgn kenyataan…kenyataanny stiap manusia mau jlk ato buruk pny kesempatan yg sm…

    jd nurut saya tolong dipertimbangkan lagi persyaratan2ny itu…
    Thanks b4..

  55. dewi says:

    AcaRa nya beNeR2 BeDA DARi YANg Lain,,,,
    aqU g pErnah keTinggaLan nOntOn JAM(JIka aku menjadi)
    menURut aqU aCara JAM ini,,n9eBantU banGet oRan92 yanG kurAng mampU,,,,,
    aqU pengEn dEH IkutaN aCara ini,,,,
    tapi Umur aqU barU 16 tahUn,,,biSa eNngga????

  56. ehk kta b2 mau nnya gmna cra daftar lwat emailny ..
    tolong knfirmasiin k alamat email saya ,
    nengg_ucritt@yahoo.com

  57. nunung setiyawan says:

    selamat malam
    JIKA AKU MENJADI buat saya satu program yg sngat bermakna bgi seluruh pemirsanya,untuk semua golongan acara ini sangat mendidik sekali.

    satu yg jarang saya lihat di TRANS tv adalah sinetronya, sangat unik,di lain pihak bemacam2 stasiun telivisi berebut rating tertinggi dengan suguhan sinetronya tpi ini lain dgn stasiun tv ini yg selalu meraih hati pemuirsanya dgn suguhan2 yg sangat berbeda.

    TRANS tv lebih dan sangat bermakna.

  58. Anwar says:

    Qu seneng bngt ngliat JAM (jika aku menjadi) sampe’2 aq jg ikut ngrasain apa yg trjadi, maklum terbawa arus cerita. Aq jg mau jd talentny, tapi tolong donk d kasih info yg lbh lengkap.

  59. NAY says:

    AKU SENENG BNGET AMA ACARA JIKA AKU MENJADI GIMANA DONG CARANYA MENDAFTAR JIKA AKU MENJADI

  60. claudia says:

    aku salut sama produser& semua kru trans tv yg membuat acara yg begitu menyentuh hati ini…..secara pribadi,,aku kadang miris kalau melihat betapa byk penderitaan orang” di luar lingkungan ku,,entah di rumah,,kerjaan,,atau di mana saja yg ku temui…..acara ini membuat ku lbh,,dan lebih lagi bersyukur pada Tuhan….karna bisa menikmati hidup ini…jauh lebih baik,,daripada sebagian orang disana…..tks trans tv…terus lah berkarya,,,sukses untuk JAM….aku pengen skali jd talent nya,,tp umur ku udah 32,,hehehehe,,,bisa nda yah???bye…

  61. riezcha says:

    tadinya saya pikir ini hanya sebuah reality show biasa,tetapi setelah saya mencermatinya,ini bukan reality show biasa, saya salut dengan acara ini,karena cerita ini bisa menyadarkan kita, banyak orang yg tidak bersyukur dengan apa yg d dapatkannya ( materi ),padahal ada yg lebih parah dari itu, ternyata hidup ini memank berwarna, ada yg kaya ada jg yg miskin,..terkadang ada jg orang kaya yg tidak puas dengan apa yg d hasilkannya,,,,,,

    semoga acara ini bisa mnjadi panutan untuk kita semua,,,bahwasannya ada bnyak orang hidupnya lebih kekurangan dari pasa qta…
    suksez selalu trans tv

  62. riezcha says:

    ada 1 hal lg yg ingin saya tanyakan, bagaimana caranya untuk mengikuti acara ini, dan apa persyaratannya?
    apa biayanya dari kita sendri…atau gratis

    terima kasih

  63. afidz says:

    ini baru acara or reality show keren banget……lumayan bs ngasih gmbrn ma saudara2kt khususnya yg msh muda di tengah hingar bingar hedonis yg menawarkan khdpan yg srba mewah,hura2,fre sex nd yg lainnya

  64. afidz says:

    klo boleh saranin nih……jam tayangnya tiap hari dong”g sulitkan klo cm nyari or audisi modelnya..toh aku ykn bngt bakal ada ribua cv yg mau iktn acr ini..tku

  65. nasywanawfal says:

    hebat banget yaa yang punya ide bikin acara ini,ternyata masih banyak orang yang lebih susah…
    mendidik banget…

  66. Fenny says:

    pengen banget ikut acR ini……..
    sumpah deh…..

  67. Fenny says:

    pengen banget ikutan acara ini………..
    bisa ga yah??

  68. Fenny says:

    ak pengen ikutan jd talent donk…
    no fs’y…ferany_luchu@yahoo.co.id

  69. clara says:

    aku seneng bangets ma acara JAM.. saat lht dr awal aku sdh tertarik jadi talent, tp sampai saat ini au blm pernah mencoba untuk daftar ha.ha.a… dan yg pasti skg sdh tidak bisa, usia nya sdh kelewat he.he.. seandainya masih bisa????

  70. clara says:

    aku seneng bangets ma acara JAM.. saat lht dr awal aku sdh tertarik jadi talent, tp sampai saat ini aku blm pernah mencoba untuk daftar ha.ha.a… dan yg pasti skg sdh tidak bisa, usia nya sdh kelewat he.he.. seandainya masih bisa????

  71. hilman says:

    MAS GMNA CARANYA BIAR bisa ikutan acara JIKA AKU MENJADI
    soalndya acara ini sangat bermutu sekali
    khususnya buat orang yang gak pernah ngehargain oranga

    aku bener”tertarik mas

  72. ovie says:

    halo JAM gw Vie,gw seneng bgt ma acara nie jujur z gw orang nya cengeng bgt palagi klo liat yang sedih2,aduh gw bisa lgsg nangis smp2 gw sering diledek ma keluarga gw,,,
    gw seneng ma acara nie coz bisa bikin gw sadar klo didunia ini ternyata banyak orang yang nasibnya ga seberuntung gw..
    gw juga ganyangka acara nie bisa nampilin warga DESA WARU yang KEPALA DESA nya itu temen ORang tua gw,masa y dia narsis bgt pengen di tonton gt katanya dia masuk TV,
    Oya gw juga pengan bgt dong JAM masukin warga DESA PEMAGARSARI, tapi gw ga tau pa didesa gw ada yang bisa direkomendasikan kebetulan bokap gw Kepala Desanya lho kan lumayan biar desa gw diEXPOse gt…. dah ya gw cuma mo ngucapin MOGA SUKSES TERUS YA
    makacie….

  73. Sonia... says:

    Mmmhh…
    Acara ny bgus bgd lho…………..
    Bkin kita ngerasain pnderitaan orang2 yg ga mampu gitu………..
    Orgtua aq aja mpe ngedukung kalo aq bisa ikut acara ini.padahal byasa ny kalo ada tawaran job,suka ga dikasih izin……..
    Bisakahh aq jadi salah satu talent di JAM..???
    Tp aq baru 19 taun,heuheu………….
    Makasih…
    Success ya………..

  74. cansa_24 says:

    ga ada acara yg sebagus ini, aku salut n’ mengacungi jempol buat acara ini…

    acara ini bisa buat aku menangis padahal aku orangnya susah untuk nangis he..he..he..

    yg juga buat aku seneng ngeliat cewe yang jadi talent cakep2 hahahaha….

  75. nina says:

    gmn cra’y daftar biar bisa ikutan acara jika aku menjadi?
    coz acara’y bagus bed,
    jdi tertarik nee mu ikutan.

  76. ri3ku says:

    wuahh kok acaranya bagus bgt cie

    gmn yah cara ikutan acara ini…
    sumpah aq pengen bgt ikutan acara ini..
    aq agak sedikiit tau menjalani hidup yg agak lumayan
    pait katanya…sih gak enak..

  77. Nia says:

    Hy JAM,aku nia,umurku 22 thn.aku seorang karyawan perusahaan swasta d bandung.Aku seneng banget nonton acara ini.JAM adalah acara pavoritku,padahal aku gak seneng nonton tv.Tp acara ini bikin aku betah nongkrong di depan tv,karena acara ini bikin aku jadi sadar dan tahu gak semua orang bisa seperti kita.Aku ingin banget ikutan acara ini,aku ingin melihat langsung dan membantu mereka.Tim JAM tolong bantuin aku untuk ikutan acara ini.Pliss ya….

  78. sari says:

    Acara JAM ok banget. Aku sm ortuku rutin nonton. bahkan mereka tertarik bgt mo ikut. katanya biar ttp bisa bersyukur kalo kita udah di kasih banyak rizki sm Allah. Tp sayang ya usia dibatasi. Klo boleh usia berapa pun boleh ikut, kan asyik tuh.

  79. cindy says:

    q cNen9 b9t n0nt0n aCara JiKa Aku MnjAdI….?

    sUMPaaaaah,,,,,aCaRA NaW KeRen B9t,,,,?

    pN9eN DuNk iKuTaN,,,,?

    BrI Tw dUnK CrA NaW YaW pHa,,,,?

  80. Emeralda says:

    acara’a keren bgd. bisa ngedidik ank2 manja jadi tau hidup susah. haha
    mau ikutannnn

  81. Emeralda says:

    2. Usia 23 – 28 tahun.
    yaaaahh. gg bisa ikutan donkk?
    Lda masi SMA :(
    mau ikutannnnnnnn

  82. teguh irawan says:

    saya mau tanya bagaimana carannya untuk mendaftarkan seorang nara sumber di acara Jika Aku Menjadi karena di desa tetangga saya ada seorang kakek yang sudah lumayan tua masih berjualan gorengan,hal ini dilakukan sudah cukup lama namanya mbah jan sebutannya beliau menghidupi istrinya dari berjualan gorengan apa lagi sekarang waktu hujan kemarin dangangannya masih sangat utuh dan beliau berkata ” yo wes gak usah ngersolo” ( ya sudah gak boleh berkecil hati ) tapi mohon maaf saya juga tidak tahu di mana rumahnya dan kondisi sebenarnya keluarga beliau karena beliau tetangga desa saya, tapi saya tersentuh dan membeli gorengan tersebut biarpun tidak banyak, saya mohon apabila anda mau menjadikan beliau nara sumber maka akan saya usahakan menggali keluarga dan kehidupan beliau, dan ada satu lagi di desa saya beliau mencari nafkah dari mencari barng bekas untuk dijual dan menghidupi ibunya yang sudah tua tapi beliau masih agak muda sekitar umur 30tahun keatas ,saya mohon apabila dikehendaki mohon informasinya .
    atas kerjasamannya saya ucapkan terima kasih.

  83. rahenda.arisona says:

    saya mo dung menjadi presenternya jam,nieh no hp ak:085693361904,aku jani akan meberikan yang terbaik bagi trans tv,karena aku memiliki talenta

  84. rahenda.arisona says:

    ass,,,nama saya rahenda saya kuliah diunuv.muhammadyah.UHAMKAumur saya baru 20,saya suka nnt acara ini,karena menurut saya sangat penting,yang dimana skrangini bnyak sekli warga yang miskin,menderita karena ekonominya,pendidikanya,sosial,dll,karena arus globalisasi,oleh sebab itu acara ini penting,supaya mata hati kita bisa merasakan apa yang mereka rasakan,oleh sebab itu saya ingin merasakan apa yang mreka rasakan,jika tim JAMmemberikan saya kesempatan saya ingin membawa acara ini,wlau stu episode sajA JIKA MO:tlp:085693361904,sata siap memberika yang terbaik.amin

  85. anwar says:

    hy JAM…!!
    acarana tmbh krez ja..!!!
    aq mw rekomendaisiin seseorg bsa gk tp bkn jd tlent
    melainkan untk jd org yang d tlong”y…!!!
    kalo mnurt aku org itu sangat layak untk d tlong..!!!
    dijaman yang serga susah ini beliau msh mw berusha menghidpi
    kluarga”y
    liz kash tw gmna crana..!!!
    aq sbnry pgn bgt nolong..!!
    tp apa daya aku jag org biasa..!!!

  86. ecy says:

    q pengen ikutan acr jika aku menjadi,tp q msh bingung crnya gmn???
    ksh tau dunk,,,,
    makasih,,,,

  87. Dikdik says:

    Wahhhhh….
    Seneng banget nonton JAM…
    aku mahasiswa di Bandung (UNPAD),,pengen ikut acara ini gmana cara_y yap,,,,
    Succes terUs ya,,,,
    makasih

  88. andan surya says:

    hy jam, saya berdomisili di tuban jawa timur, disini ada seorang nenek yg hidup sendiri dia hidup dgn segala keterbatasanya, dulu waktu sang nenek msh punya suami beliau selalu berdua pergi untuk jualan jaggung rebus, nah skrg sang kakek sudah meninggal dan beliau tetap saja meneruskan usahanya yaitu jualan jaggung rebus, saya kalo melihat beliau sangat sedih.pertanyaan saya bisakah sang nenek tersebut menjadi nara sumber JAM… tlg blsanya. trims

  89. agiesta says:

    qlu ada kandidat yg berminat tp umurnya 20thun,apa bisa???

  90. desi sukmawati says:

    aku seneng nonton acara jam. kalau bisa gimana seh daftar ikut jadi presenter Jika aku menjadi. tolong info secepatnya.

  91. desi sukmawati says:

    the best buat trans-tv. guwe salut banget. apalagi acara JAM.guwe seneng banget. kalau boleh tau gimana cara daftar jadi presenter Jam. kasih infonya dunk,

  92. hm….acara JAM bner2 mengiris hati,,,disini qt bisa mengambil hikmah bahwa kehidupan ntu sangat b’rarti dan menjalani hidup itu tak semudah membalikan telapak tangan,,tapi dibutuhkan usaha,ikhtiar serta doa… pada produser yang terhormat contact saya,,,besar harapan saya u/ bergabung dalam acara ini..Makasih

  93. zeze says:

    hai,,aku zeze,mahasiswi di untan,semester 8 pontianak,kalimantan barat…aku suka bged nonton acara ini,karena acara ini banyak banged ngajarin aku arti hidup itu kayak apa,tim JAM aku pengan banged jadi talent buat acara ini,,,,,,,,plissssssssssssssss

  94. zeze says:

    mau dunk jadi talent acara ini

  95. anggita says:

    aq pengen bgt deh bs ikutan program tv jika aq menjadi gmn ya carany…?
    trus ketentuananya apa aja…?
    boleh tau kan makasih banyak ya sebelumnya

  96. u.rusli ruswandi says:

    Redaksi yang terhormat.
    tolong dong di bantu orang yang berada di kota sukabumi jawa barat kampung berekah Desa Berekah kec bojong genteng.yang bernama bapak Habudin dan isterinya ibu Yayan dengan kedua anaknya.kehidpunanya sungguh memperihatinkan.semoga redaksi bisa bantu.terimakasih

  97. ari suyanto says:

    Salam

    Nama gua ari “””” gua kepengin banget membantu orang yang lagi kesusahan. gua salut banget dengan acara ini. dan gua pengin ikutan acara ini. dulu orang tua gua sendiri orang susah dan berada di kampung. kampungan banget desa gua. setiap nonton acara ini gua tersentuh untuk ngebantu orang lg susah. gua pengen ikutan acara JAM. dan gua pengen ikutan banget.

    thanks banget
    JAM

    arie

  98. rahenda.arisona says:

    nama sya endra saya kuliah di uhamka.smester enam jurusan sosial,saya sngat bersimpati sama acra ini,saya inin bangat ikut acara ini,karena saya inin merasakan apa yang merekArasakan klo pihak JAM mo,tolong hub.085693361904

  99. magdian ariasih says:

    JAM kren bgt…
    acara ni bisa bkin gw nangis, terharu….
    dari acara ini juga gw tau pa arti kehidupan…
    JAM sukses trus ya

  100. nie acara bner2 keren & sangat menyentuh hati bwnget…

    w pngen bwnget jd salah satu talent JAM..

  101. indah says:

    mau tnya donk???
    persyaratan mau ikut jika aku menjadi apa aja???

  102. achie says:

    adduuhhh,,,
    impian chie pngen ikutan acara niiee..
    sumpahh keren bgt..
    tp dr persyratan kyanya gugur d umur ajh,,
    msh 19th siieee..
    coba bolehh chie pngn bgt ,,,
    tolong yaa d pertimbangkn yaaa^^
    mkasiee..

  103. khairul amri lubis says:

    Saya sangat bersyukur masih ada acara seperti ini yang bisa menjadi contoh buat orang banyak,,terutama buat orang yang kaya yang suka menghambur-hamburkan duitnya..Mudah-mudahan acara semakin jaya dan sukses…Aminnn..

  104. khairul amri lubis says:

    Bapak Produser acara jika aku menjadi,aku sangat tertarik dengan acara ini yang tidak melambangkan sifat angkuh manusia. Saya ingin ikut dalam acara ini. Mudah-mudahan bapak bisa memakluminya. Terima kasih.

  105. Endry Rubawi says:

    Dengan ini Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
    A.Nama :Endry Rubawi
    B.Tempat,tgl lahir :Batam,12 September 1988
    C.Tempat Tinggal :Tegar Parang no 09.Jakarta Selatan
    D.Tamatan :SMK(Sekolah Menengah Kejuruan)
    E.Agama :Islam
    F.Jenis Kelamin :Laki-Laki
    G.No.hp/tlp :083183972694/021-91922149

    Dengan biodata di atas saya menyatakan bahwa sesungguhnya diri saya.

    Endry sangat senang berbincang dengan orang lain selain Endry pernah di radio Endry juga sering berorganisasi.Dan Endry sangat ingin bisa bergabung bersama Tim Jika Aku Menjadi.walaupun umur Endry masih bisa di bilang kecil Endry banyak pengalaman dengan orang-orang secara langsung maupun tidak langsung.Endry sangat senang jika bisa bergabung.terima kasih.salam Endry

  106. wennie says:

    aq pgen bgetzzzzz jdi talent di acara nie !! bkan pgen mejeng d tv alasan x,tpi acra x tu lho…………hulf bner-2 menyentuh hati !! help me yach………biar q bsa jdi talent d acara tu….( tolong kirim syarat + alamat e-mail untuk program acara nie yang dapat di buka situs x !! Ok….! Tx ya…………..

  107. handri says:

    mba/maz…………..Duch…kapan nich gw di panggil buat acara JAM ini,udah ngebet banget pengen ikut acara ini……lolosin doonk hehehhehe…………………….

    pliss pliss^^

  108. handri says:

    waktu ntu,kan dah pernah di panggil…tapi lum di kasih kabar pula………..mau doonkkk ikutan ginian…….hehehehe