Pepatah, kata Ulama, kata Bijak

Posted: May 27, 2008 in Pegangan Hidup
Tags: , , , , , ,

· Cacatnya nasihat ialah bila disampaikan secara terang-terangan (terbuka). (Pepatah)

· Iri dengki ialah suatu penyakit yang tidak tampak pada tubuh para penderitanya. (Pepatah)

· Wanita seperti sungai. Kalau dia tetap tinggal di rumahnya maka seluruh masalah berjalan dengan wajar seperti halnya alur sungai. Jika dia keluar meninggalkan rumahnya maka dia seperti air sungai yang meninggalkan alurnya dan mengancam kerusakan. (Arif Bijak)

· Janganlah Anda menjadikan puncak ambisis dan kesuksesan Anda dalam kehidupan di dunia, meraih kelezatan hidup, atau kepuasan nafsu, tetapi hendaklah bertujuan untuk memadamkan api kebatilan dan menyalakan sinar kebenaran. (Ulama)

· Kata-kata yang paling agung dan mulia adalah Allah. Kata-kata yang paling lembut adalah kasih sayang (Ar-Rahman – Ar-Rahim). Kata-kata yang paling cepat adalah waku. Dan kata-kata yang paling panjang adalah kekal abadi.

· Orang yang menonjol-nonjolkan keturunannya adalah orang yang tidak sanggup /mampu) berusaha sendiri untuk menjadikan dirinya besar. (Ulama)

· Hari-hari adalah lahan dan barangsiapa menanam di dalamnya maka dia akan panen. (Pepatah)

· Francis Bacon, seorang pujangga Barat, berkata, “Sedikit ilmu justru mungkin bisa membuat Anda menjadi ateis dan jika Anda mau memperdalam ilmu maka Anda akan lebih beriman kepada Tuhan.”

· Ketenangan dan ketentraman jiwa menyebabkan akal mampu mengendalikan lidah sehingga tidak berkata-kata, kecuali dengan penuh pertimbangan dan hati-hati tanpa didorong emosi. (Ulama)

· Barangsiapa menyibukkan dirinya bekerja maka tidak ada peluang (waktu) baginya untuk mencucurkan air mata. (Arif Bijak)

· Bukanlah suatu keanehan (keajaiban) bila seseorang fakir miskin mencintai orang yang suka berbuat baik kepadanya, tetapi yang heran adalah orang yang berbuat baik (dermawan) mencintai si miskin papa. (Ulama)

· Janganlah disamakan antara orang yang hemat dan orang yang kikir. Orang hemat selalu memperhitungkan perbelanjaannya, pemasukannya, dan pengeluarannya dengan tujuan membelanjakan menurut sepatutnya. Sedangkan orang yang kikir mengumpulkan harta dengan tujuan menumpuk sebanyak-banyaknya. Orang yang hemat mengatur hartanya dan orang yang kikir diatur oleh hartanya. (Arif Bijak)

· Kegelisahan dialami oleh orang yang kehilangan akal. (Pepatah)

· Manusia tidak dituntut kesempurnaaan dalam hidupnya, tetapi dituntut agar kehidupannya hari ini lebih baik daripada kehidupannya kemarin. (Ulama)

· Ali bin Abi Thalib berkata, “Kalau rezeki dari Allah terlambat maka beristigfarlah kepada Allah dan mohonlah semoga Allah melapangkan rezeki-Nya bagi Anda. Kunci surga adalah sabar. Kunci kemuliaan adalah rendah hati dan kunci kebaikan (kehormatan) adalah takwa.”

· Ulama besar Sufyan ats-Sauri berkata, “Ilmu dinilai bermanfaat bila disertai amal. Manusia yang paling bodoh ialah yang membiarkan dirinya bodoh tanpa mau berusaha meningkatkan ilmunya. Manusia paling pandai ialah yang mengandalkan diri pada ilmunya. Dan manusia yang paling utama ialah yang bertakwa.”

· Para dai, khatib, penceramah, dan penulis masa kini jika tidak mengasah dan menjalankan kemauan umat yang kuat, mengobarkan semangat kepedulian, dan kecemburuan terhadap agama, menghidupkan jiwa yang mati, dan menyelamatkan orang-orang yang tenggelam dalam lautan keduniaan, maka tidaklah ada guna dan manfaat yang diharapkan dari mareka. (Ulama)

· Barang siapa mengenal dirinya maka ia akan sibuk memperbaikinya tanpa memerdulikan cacat dan aib orang lain. Dan barang siapa mengenal Rabbnya maka dia akan sibuk berkhidmat kepada-Nya dengan meninggalkan ajakan dan rayuan hawa nafsunya. (Ulama)

· Ketentraman, kedamaian, kepuasan dan ketenangan jiwa yang dirasakan oleh orang-orang yang berbahagia itu akan selalu dianugerahkan kepada yang mendekap mesra keimanan dalam dadanya. Bahkan dengan ketenangan dan sakinah itu imannya akan makin bertambah dan makin kokoh. (Dr. Hamzah Ya’kub)

· Islam adalah risalah kehidupan yang menyeluruh (komprehensif), risalah seluruh umat manusia (universal), risalah seluruh alam dan risalah zaman. (asy-Syahid Hasan al-Banna)

· Membuat program yang baik dan rapi meringankan separuh pekerjaan. (Pepatah)

· Barangsiapa manis lidahnya akan banyak kawan akrabnya. (Pepatah)

· Kemuliaan ialah membangun umat yang telah binasa, membuka selubung kebodohan mereka, memberi peringatan dan petunjuk (hidayah), menuntut hak yang terampas, mengingatkan akan kemuliaan yang hilang, membangun umat dari tidur dan kelalaian mereka, serta menyatukan suara untuk memperbarui gerak langkah. (asy-Syeh Muhammad Abduh)

· Huxley, seorang arif bijak dari Barat, berkata, “Agama dan ilmu ibarat bayi kembar yang berdempetan dan memisahkan keduanya mengakibatkan keduanya mati. Maka, ilmu akan berkembang jika diwarnai dengan agama, dan agama akan kekal dan kokoh jika didukung oleh ilmu.”

· Bukti-bukti dari keagungan alam yang terindah adalah hati seorang ibu. (Pepatah)

· Barangsiapa banyak omongnya, niscaya banyak bohongnya. Barangsiapa banyak hartanya, niscaya banyak pelanggaran dan dosanya. Dan barangsiapa buruk akhlaknya, niscaya dia menyiksa dirinya. (Ulama)

· Alangkah baiknya bagi seseorang apabila ia mempunyai cita-cita dan alangkah buruknya seseorang apabila dia hanya mengandalkan cita-cita. (Pepatah)

· Alexis Carel, peraih hadiah nobel, dalam bukunya yang berjudul The Man Unknown, berkata, “Energi terbesar manusia adalah sembahyang.”

Comments
  1. kucingpemalu says:

    Mau usul, Mbak. Alangkah baiknya kalau kumpulan mutiara-mutiara ini disusun berdasarkan kategorinya. Sehingga para pembacanya dapat menerimanya dengan lebih baik lagi.
    Sebelumnya, terima kasih atas kumpulan nasihatnya.

  2. mardhalena says:

    Terima kasih atas usulnya, bwt c Mbak kucingpemalu (aslee… gak tau nama aslinya… sorry!!!).
    Mungkin sumber2 kata2 itu ya?? dari Al-Qur’ankah?? Hadist?? or kata sahabat Nabi??? gitu yah maksudnya???
    btw, makasih dah mampir. Salam kenal.

  3. ROSMA says:

    kadang sulit rasanya untuk melaksanakan pepatah atau menafsirkan kata bijak.
    untuk menela’ahnya memerlukan daya atau kekuatan otak yang perlu konsentrasi dalam menafsirkannya…..
    betul tidak…?

  4. mardhalena says:

    bwt ROSMA, kadang memang sangat mudah untuk sekedar menuliskan ataupun mengucapkan, namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengamalkannya dan memahami dari kata-kata bijak tersebut. Makanya, saya tulis di sini biar bisa share sama yang laen. Buat ladang amal.
    Terima kasih y…
    dah kunjungi blog saya…

    • andy says:

      semua tulisan yg ada d atas itu bermanfaat,,,,??
      tapi ingat yg menulis siap harus mnanggung apa yg harus dy lakukan jgn sampai mlnggr dalil KABUROOMAQOTAN INNDALOHI ANTTAKUULU MAALA TAF’ALUNN

  5. opick kaltim says:

    Terimakasih sebelumnya dah bagi2 ilmu. biasanya kita menjadi sadar dan berazam untuk jadi baik ketika ngebaca nasihat2. namun seiring berjalanya waktu menjadi beangsur pudar. kira2 ada cara tangkal kebiasaan ini? sukron

  6. mardhalena says:

    hmmm… bwt Opick Kaltim, terima kasih dah mampir, emang yang namanya iman itu selalu goyang. Kadang ia kuat berpegang, namun saat lengah ia terpuruk. Salah satu cara yang bisa kamu pakai adalah membaca nasehat2 itu setiap hari. Meskipun hanya satu kalimat, namun jika rutin maka ia akan terendap dalam hati kamu. Kebiasaan baik seperti itu akan membawa kebiasaan2 baik lainnya. Saya juga dalam tahap seperti itu. Kamu juga, coba deh…
    Insya Allah.

  7. boris says:

    “Ku berkata kapada kalbuku saat direda rasa takut yang mengejukan,”
    „Maka bergembiralah, karena hal yang kau takuti adalah Dosa“
    „Kebaikanku yang tanpa pada pebuatanku adalah dosa-dossa“
    „Maka katakanlah kepadaku, bagaimana aku harus meminta maaf“

    „Walaupun aku jauh dari temanku atau sahabatku,“
    „Laksana Bumi dan Langit „
    „Ku akan meminta maaf atas dosa-dosaku“
    „Aku akan jawab seruan dan panggilan suaranya“
    „Jika dia memakai pakaian yang indah,“
    „Laksana Rembulan dan Bintang yang menerangi ke gelapan malam“
    „Maka aku tidak akan mengatakan,“
    „Seandainya aku diberi pakaian yang bagus dari yang ia pakai“
    „Karena kebaikan itu selalu Abadi, walaupun itu dilakukan sekali“
    “jika kelakuanku yang baik semata adalah dosa-dosa yang lama( dahulu )”
    “dan tidak adil jika kita menginginkan orang lain sangat sempurna, sementara kita sendiri tidak sempurna
    “barang siapa yang bisa kita terima semua sikap hidupnya…..? “
    “cukuplah seseorang itu dikatakan mulia bila kejelekkannya bisa dihitung “

    “dan tak pernah kita tinggalkan orang yang tidak pernah kita cela”
    “memangnya ada orang bersopan santun dengan sempurna……..”

  8. desy says:

    aq sk dg kt2nya
    buat 3 novemberku
    aq syg kamu

  9. rexisofyandhi says:

    good good.. pepatah mardha bagus bagus dech, bikin lagi donk

  10. pencari makna kehidupan says:

    hidup tidak jelas smpai kpn tapi batasnya hidup yg brnama maut pasti mnjmput,apa yg mendominasi bekal qt “ksana”?terus luangkn hati untuk brbagi “ksadaran” rasa,smoga Allah membls brlipat2 dg kmudahn hidup lahir batinmu dan mncurahkn kasih syngNYA ddunia & akhirat padamu.thanks.

  11. fadhlan says:

    terima kasih atas pengkongsian ini..dan saya kongsikan lagi dengan kawan dalam ‘Facebook’

  12. rahmat taufiq says:

    ass…..
    yang terhormat mba’ mahdhaelena
    terimakasih sudah bnyak mmbantu orang dengan kmpulan kata-kata nasehatnya,
    semoga ini bermanfaat bagi kita semua dan amal ibadah untk mba’.
    perbanyak lagi ya mba’ ?

  13. tian says:

    afwan…
    bismillah”mg nasehat2 d atas d ambil dri sumber2 yg dpt dpertn99ng jwbkn d hadapany,n d atas al haQ.
    skalipun da kslhn,mga ALLOH mengmpuni ksalahan2 itu,krn manusia tdk lepas dr yg namanya kslhan.amin

  14. bagus2 banget pepahtany………..

  15. trimakasih mbak…sangat bermanfaat….

  16. dekdekan euy merinding juga baca’ya
    untuk mba mar makasih ah pepatah”‘ya lam kenal uga yea mba,,,,!!!!

  17. galang says:

    terimakasih atas ajaran nya………i love islam

  18. candra mulia says:

    jazakallohu khoiru jaza. kalau boleh dtambah lagi so jadi pengajar bagi kita semua.

  19. saya ingin terus mempunyai semangat di dlm hidup untuk mencari sesuatu yang berguna

  20. kaconk says:

    bersyukurlah dengan hidup hnya sekali ini……

  21. kunie_008 says:

    Hiduplah sesuka hatimu, sesungguhnya kamu pasti mati. Cintai siapa saja yang kamu senangi, sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya. Lakukan apa saja yang kamu kehendaki, sesungguhnya kamu akan memperoleh balasannya. Dan ingatlah bahawa bersama kesulitan itu sentiasa akan timbul kesenangan

  22. wike delvina says:

    kata2 yang indah

  23. putri says:

    Bagus” euyyyyy,,,,,

  24. Dicky says:

    Thanks kata” nya , bisa buat saya lebih tegar lagi :)

    nice blog website

  25. Usup Nani says:

    menuntut ilmu d’waktu kecil itu bagaikan meukir d’atas batu….(ULAMA)

  26. Usup Nani says:

    brang siapa yg mncintai kamu niscaya mnasehati kamu

  27. lingga says:

    Thanks, ilike..

  28. Arie says:

    I like. . .pepatahxa. . .

  29. selma says:

    wooow ,, bguuzz bgt .. thanxx ych ,,, :)

  30. advis ilhamzani says:

    Kata” Ini tak kan Q lupakan ..
    dan aq akan menjadika motivasi di dalam hidupku

  31. muslih says:

    subhanallah ,,, ahsanul qowl b’da al qur’an wal hadits

  32. firmansyah says:

    kalimat sederhana namun mengandung sejuta makna,, mksih ya mbak, sudah memberi pencerahan,,

  33. reynofiesta says:

    Thanks yah,smg bisa mbuatku support yg baik,.:)

  34. irwansyah says:

    Syukron..

    smoga dpt diambil hikmah nya bgi pembaca dr kata” di atz.

    Amien Ya Rabb..

  35. Rizal says:

    Mohon Share :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s