Ayat-Ayat Al-Qur’an

Posted: April 15, 2008 in Pegangan Hidup
Tags: , , , , , ,

· Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. (an-Nuur : 52)

· Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah menolaknya, malah berkehendak menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir itu tidak menyukai. (at-Taubah : 32)

· Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah menolaknya, malah berkehendak menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir itu tidak menyukai. (at-Taubah : 32)

· Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (Nuh :10-12)

· Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (an-Nahl : 96)

· ..Barangsiapa dibiarkan sesat oleh Allah maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. Dan barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat menyesatkannya. Bukankah Allah Mahaperkasa dan mempunyai (kekuasaan untuk) menghukum? (az-Zumar : 36-37)

· Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan shalat, mereka yang tetap setia melaksanakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta. (al-Ma’arij : 19-25)

· (Apakah kamu orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada waktu malam dengan sujud dan berdiri, karena takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah,
“Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran.”
(az-zumar : 9)

· Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalag kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (az-Zumar : 10)

· Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata. (az-Zumar : 22)

· Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (al-Bayyinah:7-8)

· Sebagai penutup ucapan doa selalu dibaca, “Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliin wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamin (Mahasuci Tuhanmu, Tuhan Yang Maha Perkasa dari sifat yang mereka katakan. Dan selamat sejahtera bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.” (ash-Shaaffat: 180-182)

· Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an kepadamu (Muhammad) secara berangsur-angsur. Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka. Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada_Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (al-Insaan: 23-26)

Comments
  1. Amin maizun says:

    Para Dai skrg tdk membrikn cntoh cinta ahrt dan ksdrhanaan. Justru malh brlomba dalm dunia brlimpah materi.zaman EDAN..sudh tdk ada lg uswatun hasanah.aq harus ikutin siapa?

  2. mardhalena says:

    Yah…. emang seeh. Dah banyak para ulama yang justru mengajarkan kita tentang cinta dunia. Namun, dari sekian banyak ulama yang “belok” itu, masih ada ulama2 yang memang ingin menyebarkan tentang ajaran Allah SWT. Dengarkan hatimu. Seyogyanya, mereka berbicara tentang kebaikan, jangan melihat keburukan mereka, tapi, ambil hikmah dari apa yang diucapkannya. Selalu berpikiran baik atas apa yang terjadi. Utamanya, mencari ilmu dan menghadapi hidup ini harus IKHLAS. Maafkan jika saya terlalu berkhotbah, tapi, tak ada yang sempurna. Kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT. Semoga membantu. Amien.

  3. yudha says:

    well..ngomong2 tentang ikhlas,jadi inged suatu film dari Mr Dedy Mizwar
    tapi tenang,aq nggak tny itu koq😀
    yg pgn aq tny itu,,bagaimana sih carana kita sbg manusia yg lemah bisa nguasai ilmu ikhlas?
    aq pikir berat bgt deh buat bisa meng-ikhlas-kan sesuatu

    punya masukan gan?

    • mardhalena says:

      Syukron buat mas Yudha atas pertanyaannya….
      Menguasai ilmu ikhlas??? Hmm….. berat. Tu yang saya bisa katakan. Saya aja sampe sekarang belum bisa menguasai ilmu itu. Namun, jika saya bisa sarankan, ingatlah bahwa ada sesuatu di balik semua kejadian. Jika kita tertimpa peristiwa buruk, maka ada “hadiah” yang baik di balik peristiwa itu. Entah itu dalam bentuk wujud atau tidak, yang pasti kita tetap harus bersyukur sama Allah SWT atas apa yang sudah terjadi pada kita selama ini. Toh, dengan semua kejadian itu membuat kita lebih mengerti arti kita sebagai manusia. Semoga membantu. Amien.

  4. yudha says:

    yach…sedikit bnyk membantu kok😀
    n moga aja smua musibah itu ada hadiah di balik smua itu,,

  5. yudha says:

    yach…sedikit bnyk membantu kok😀
    n moga aja di smua musibah itu ada hadiah di balik nya,,

  6. yanjaya says:

    trims, sdh menambah wawasan sy.

  7. […] Posted: April 15, 2008 by mardhalena in Pegangan Hidup Tags: al-Qur’an, dunia, hadist, hidup, kata bijak, Pegangan Hidup, ulama 7 […]

  8. HUMAM B@SRI says:

    ada lgi yg bagus gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s