Menangkap Capung

Posted: April 18, 2008 in Itu Aku
Tags: , ,

Capung yang maniest!!!Hari ni lagi teringat ma masa kecilku, gara-garanya kemaren sewaktu lagi lewat alang-alang, nemuin capung lagi hinggap di daun. Duuhhh…. jadi teringat dengan masa kecilku, sewaktu lagi kejar-kejaran ma capung truzz maen cepet-cepetan ma temen, siapa yang paling jago nangkap capung. Aaahhh… indahnya masa kecil..

Perjalanan agak panjang ku lalui untuk ngedapatkan informasi tentang binatang ini. Soalnya, aku ngasih kata kunci di Gugel dengan nama “Kesiur”. Emang, di Tarakan, binatang ini dinamakan kesiur, entah kenapa dinamakan seperti itu? Mungkin saja karena binatang ini, menurut wikipedia, adalah serangga tercepat di dunia dengan kecepatan 60 km/h. Nah, karena cepatnya itu dan jarang banget yang bisa nangkap, makanya oleh orang-orang Tarakan dinamakan kesiur. Hehehehehe…. mirip kesiur angin, wuzz… wuzz…

Capung or Kesiur (orang Tarakan) or Dragonfly (orang bule) memiliki penglihatan yang luar biasa. Matanya memiliki 30.000 face optik, (makanya waktu nyari gambar capung di Paman Gugel, malah kebanyakan matanya mulu yang ditampilin) yang membuat dia bisa melihat 360 derajat. (Duuhhh… pantesan waktu itu mo nangkep dari belakang eh, doinya tau… langsung ngabur dey..)

Ada mitos yang beredar di warga sekitar (Pastinya Tarakan masih), bahwa klo nangkap capung tuh bakalan bawa penyakit, truzz yang paling menakutkan adalah mitos bahwa si capung ini bisa mengambil rambut kita truzz ditaro di tanah kuburan.. (Iiihh.. untuk apa?? Syereemm…)Iiihhh... Syereemmm. tatut!!

Kalo sekarang seeh, menurut jalan pikiranku, mitos itu diciptakan biar anak-anak gak keluyuran siang-siang bolong (Lah wong, nangkep capung tuh paling rame bis pulang sekolah, ganti baju, maem, truzz bareng ma temen-temen nangkapin capung di tanah lapang). Nah, karena maennya di terik matahari truzz kena kotoran dan debu, alhasil si anak bakalan jatuh sakit (kebanyakan pusing seeh… biasanya jadi alasan paginya gak turun sekolah… hikhikhikhikhik). Truzz, klo mitos kedua gak taw deh, mungkin si ortu lagi kumat ngejahilin anaknya maka diciptain cerita serem kaya’ gitu… hohohohohohohoho

Kelebihan laen binatang ini adalah kemampuan kamuflasenya yang luar biasa. Makanya jarang keliatan palagi klo dah berdiam diri. Karena banyak luar biasa yang dimiliki binatang ini, oleh Jepang (Masih menurut Mas Wiki), capung dipakai untuk melambangkan keberanian, kekuatan dan kebahagiaan. Bahkan Jepang sering disebut juga sebagai Akitsushima (The Land of the DragonFlies).Capung lagee...

Dari hal ini, da pelajaran yang bisa ku ambil, selaen pengetahuanku tentang capung, bahwa kita gak usah memandang rendah hal yang kecil dan sepele, karena di balik itu, ada kelebihan luar biasa yang belum ditampakkan.

Milikilah ilmu padi, semain berisi semakin merunduk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s